Wednesday, May 22, 2013

Batik Sarimbit untuk Tampil Cantik Bersama Keluarga


Banyak orang yang mulai suka menggunakan batik sarimbit bersama pasangan ataupun keluarga mereka.Model batik sarimbit kian beragam dan cantik sehingga kaum mudapun bangga untuk mengenakan batik.Tapi apakah kita tahu awal mula batik dan cara pengerjaannya?.Artikel di bawah ini akan menjelaskannya secara singkat

Awal mulanya,batik adalah kesenian menggambar diatas kain yang dilakukan di dalam kraton kerajaan untuk digunakan sebagai bahan baju para raja dan keluarganya.Keterampilan ini turun temurun diantara keluarga para pengrajin batik sehingga seiring waktu,sejalan dengan berubahnya sistem pemerintahan Indonesia menjadi republik,membatik yang banyak dikerjakan oleh perempuan di rumahnya,hasilnya digunakan oleh rakyat jelata juga bukan hanya oleh keluarga ningrat.

Tehnik yang digunakan pada awal pembuatan batik begitu sederhana dan terbatas.Warna dan corak yang dihasilkan tidak banyak.Warna kain batik didapatkan dari bahan-bahan yang tersedia di alam diantaranya buah mengkudu atau nila.

Dulu kain batik hanya digunakan untuk beberapa jenis baju saja ,misalnya untuk kemeja batik atau kebaya.Tapi saat ini,batik kian berkembang dan digunakan untuk seprei,rok,celana,batik anak,batik bola maupun batik sarimbit.


Ada dua cara untuk melakukan pewarnaan pada kain batik


1.Batik tulis

Tehnik ini adalah menggambar langsung motif batik yang didinginkan diatas kain putih polos.Pengrajinnya kebanyakan adalah kaum perempuan .Bahan yang digunakan adalah malam yang cair dan alat yang bernama canting.

Caranya adalah mencelup canting ke dalam malam lalu mulai menggambar dia atas kain.Tehnik ini membutuhkan kreatifitas dan kerajinan yang tinggi untuk dapat mencipta motif batik  yang indah dan rapi.Dengan makin canggihnya tehnik pewarnaan,maka warna yang dihasilkanpun makin beragam dan cerah.

Pembuatan batik dengan tehnik ini membutuhkan waktu 2-3 bulan.Karena inilah harga kain batik tulis lebih mahal daripada batik cap.


2.Batik Cap atau Batik Cetak

Seiring dengan peatnya kemajuan tehnologi mesin,maka terciptalah mesin untuk mewarnai kain batik dengan mesin sehingga hanya membutuhkan waktu 2-3 hari saja.Pengerjaannya banyak dilakukan oleh laki-laki untuk menjalankan mesin.

Kwalitas batik ini tergantung dari jenis kain dan zat pewarna yang digunakan.Harganya memang jauh lebih murah ketimbang batik tulis,tapi jika kita tidak pandai memilih,maka baju batik yang kita dapatkan akan tidak sesuai dengan harapan kita.Warna yang mudah pudar adalah keluahan yang paling sering dikatakan pembeli kain batik jenis ini.

Untuk motif batik,banyak sekali motif yang didapatkan dari keluarga pembatik secara turun-temurun.Motif ini kadang dapat juga menunjukkan status pemakainnya dalam masyarakat ,seperti contohnya motif batik yang khusus digunakan oleh anggota keluarga kerajaan Jogja dan Solo.

Bagi anda yang berminat untuk menggunakan batik sarimbit bersama suami atau istri maupun anak-anak anda,toko kami menyediakan banyak pilihan yang cantik dengan bahan berkwalitas dan harga terjangkau.

1 comment: