Sunday, May 26, 2013

Kemeja Batik sedang Menjadi Tren



Kemeja batik kini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat baik pria maupun muda, sebenarnya Batik merupakan istilah yang berasal dari bahasa jawa yang berarti menulis, nitik atau membuat desain dalam sebuah kain. 

Selain itu batik sendiri memiliki pengertian lain yaitu membuat sebuah corak yang menggunakan sebuah canting kecil ,  di jaman modern seperti saat ini membatik sudah tidak menggunakan canting akan tetapi menggunakan cap atau melalui proses pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang, hal itu mereka lakukan karena mereka fikir bahwa membatik dengan mengunakan cantik merupakan sebuah proses yang cukup sulit dan membutuhkan banyak waktu, sehingga di butuhkan suatu kesabaran dalam membuatnya.



Untuk saat ini teknik membatik menggunakan cara cap atau mencelupkan kain di atas kain perintang, adalah suatu tehnik yang hanya dapat di lakukan dengan menggunakan kain yang berasal dari serat alami seperti katun, sutera, dan wol, hal ini dapat berpengaruh pada kain yang akan di desain menjadi kemeja batik

Oleh karena itu tidak heran jika orang – orang yang menyukai batik mulai mencari – cari jenis batik yang bagus. Perlu di ketahui bahwa kain yang di gunakan dalam pembuatan batik yang di rancang dengan corak dan warna memberikan pengaruh terhadap hasil yang di dapatkan setelah membuatnya batik tersebut, selain itu membatik dengan cara cap atau pencelupan sebenarnya bukanlah batik karena batik berasal dari pembuatan dengan cara menitik menggunakan canting.


Sangat di sayangkan, apabila membatik tidak di lakukan secara benar, sebab hal ini dapat mengecewakan orang – orang yang memang menggemari batik modern dan suka mengkoleksi jenis – jenis batik yang di pasarkan. 

Menjaga budaya dari leluhur kita memanglah sesuatu hal yang wajib dan harus di lakukan oleh kita bangasa Indonesia, sebab siapa lagi yang akan menjaganya jika bukan kita, jangan sampai negara lain yang mengakui warisan budaya kita, terutama batik. Batik yang memiliki beragam jenis koleksi dan yang saat ini sedang di gemari yaitu kemeja batik.

No comments:

Post a Comment